Tutorial Perhitungan KWH Listrik Prabayar atau Pulsa Listrik


Tutorial Perhitungan KWH Listrik Prabayar Atau Pulsa Listrik.

Beberapa orang yang tidak memperdulikan jumlahnya kWh yang di terima sesudah beli token listrik. Serta hal itu yang mengakibatkan beberapa orang salah kira pada sebagian PPOB, karena umumnya bisa segini kok sekarang bisa segini. Nah, supaya Anda bukanlah termasuk juga di antara beberapa orang yang salah kira pada beberapa entrepreneur PPOB di mana kesempatan ini memanglah tarif listrik telah naik seutuhnya. Untuk itu memerlukan suatu basic sendiri di mana Anda mesti dapat mengkalkulasi jumlahnya kWh dalam pembelian token/pulsa listrik.
Walau tampak sangatlah remeh, tetapi kadang banyak pula sangatlah diperlukan untuk tahu pengeluaran dan mengatur kebtuhan listrik di rumah sendiri. Terutama apabila Anda anak kost atau anak kontrakan, pastinya ini sangatlah butuh dilihat karena kelak akan menolong Anda dalam merampungkan persoalan pengontrolan pemakaian daya listrik itu.
Langkah mengkalkulasi token listrik ini sebetulnya telah ada dengan on-line, jadi mungkin saja untuk kids zaman now tidak ingin pelajari langkah mengkalkulasi itu. 


Tetapi, untuk Anda yang bukanlah orang pemalas, silakan tekuni langkahnya berikut ini. Serta mudah-mudahan berguna nanti di kehidupan berkeluarga Anda.
Mengkalkulasi Jumlahnya kWh Token Listrik Sendiri
Ada banyak hal yang butuh dilihat, di mana dalam ketentuan PLN pada penetapan rekonsilasi TDL atau tarif basic listrik untuk bln. 7-9/2017 yaitu seperti berikut :


penetapan tarif listrik
(karakter ketentuan TDL PLN dalam rekonsilasi tarif tenaga listrik ini berubah-ubah serta tidak terpaku pertahunnya, gambar diatas hanya contoh basic dari website PLN untuk bln. Juli sampai September 2017)
Sebelum saat mengawali mengkalkulasi jumlahnya kWh dari pembelian token listrik, baiknya Anda mengerti terlebih dulu variabel dalam struk token. Hal tersebut terpenting, supaya Anda tidak alami salah paham pada isi struk/nota pembelian itu.

Keterangan Variabel Struk Token Listrik

  • Cost Admin 
Cost admin yaitu cost yang sudah dibebankan pada customer atau konsumen token listrik. Nilai cost admin ini berlainan bergantung Anda membelinya di PPOB mana, serta dengan cost admin berapakah?

  • Cost Material 
Cost ini yaitu cost penambahan pada pembelian token atau pulsa listrik, umumnya cost material ini dipakai waktu Anda beli token dengan nilai di atas 200 ribu rupiah.
  • PPJ atau cost Pajak Penerangan Jalan

PPJ ini yaitu nilai cost penambahan, di mana di tiap-tiap daerah berlainan persentasenya

  • Gol TDL (Tarif Basic Listrik) 
Kelompok tarif ini bergantung dari nilai kelompok listrik yang mengacu pada gambar di atas.

  • PPN (Pajak Bertambahnya Nilai) 
PPN ini dipakai pada konsumen yang memakai listrik rumah tangga dengan kelompok R2 (listrik di atas 3500 VA ketas)

  • Nomor Token 
Nomor yang akan dimasukkan pada meteran listrik
Seperti apabila Anda telah mengerti variabel di struk listrik di atas, jadi semestinya Anda telah dapat mengkalkulasi jumlahnya token listrik yang akan Anda beli nanti. Di bawah ini rumus yang dipakai untuk mengkalkulasi jumlahnya kWh dalam pembelian token/pulsa listrik.

Tutorial Perhitungan Token Listrik

Perhitungan kwh listrik

Berikut salah satu contoh :
Anda tinggal di Tangerang serta ingin beli token listrik dengan nominal uang Rp 100. 000, tengah batas data listrik Anda 1. 300 VA di kelompok TDL R1. Jadi, berapakah nilai kWh yang akan Anda terima dengan nominal 100 ribu itu?
Pada intinya uang 100 ribu punya Anda akan dikurangi sebagian cost (variabel di atas yang tadi). 100 ribu rupiah punya Anda akan dikurangi cost admin terlebih dulu (contoh, karena Anda tinggal di Jakarta jadi umumnya cost admin 4000 rupiah) jadi bekas uang Anda 96. 000 rupiah. Lalu bekas itu akan dikurangi cost PPJ Jakarta sebesar 3% dari uang Anda (96. 000 X 3% = 2. 880) jadi bekas 93. 120. Jadi kelak Anda akan mendapat nilai kWh sebesar (93. 120 dibagi 1. 467, 28 = 63, 464 kWh). Penuturannya 1. 467, 28 ini adalah tarif basic listrik yang telah diputuskan pemerintah untuk tarif batas daya 1. 300 VA (saksikan gambar table TDL di atas).

Jadi apakah telah memahami langkah mengkalkulasi token listrik? Mudah-mudahan berguna.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Perhitungan KWH Listrik Prabayar atau Pulsa Listrik"

Posting Komentar